Office : Jl. Swadaya IV, No.28 Poltangan, Tj. Barat Ps.Minggu - Phn. 021.7816402 - Email : Sales@rentalgenset.co.id

Copyright 2012 - RentalGenset.co.id - Link

RentalGenset.co.id Pusat Sewa genset Terbesar dan Terlengkap di Indonesia Home About Us Gallery Products

Banyak orang tidak sadar bahwa sebenarnya banyak sekali penggunaan genset di sekitar kita, mulai dari backup listrik untuk toko-toko mini market, mesin atm, bank, sampai pada saat pesta pernikahan.

 

Sebenarnya Genset / Generator Diesel adalah sebuah alat yang merubah energi mekanik menjadi energi listrik. Energi mekanik diperoleh dari mesin penggerak seperti mesin diesel, turbin dan lain-lain.  Secara umum fungsi Genset / Generator Diesel adalah untuk mensuplai arus pada sistem kelistrikan. Proses pembangkitan listrik pada generator menggunakan prinsip induksi yaitu apabila terjadi perpotongan medan magnet dengan penghantar, maka pada penghantar akan timbul gaya gerak listrik

 

nah listrik yang di timbulkan lah yang digunakan oleh orang untuk beraneka ragam keperluan, sebagai backup listrik, penambah daya dan lain-lain, dan genset bisa disewakan juga untuk itulah hadir jasa rental genset silent maupun jasa sewa genset di jakarta

Apakah Genset / Mesin Generator Diesel itu?
Komponen utama dari generator

Komponen utama dari sebuah generator listrik dapat secara luas
 diklasifikasikan sebagai berikut:

 

  1. Mesin
  2. Alternator
  3. Sistem Bahan Bakar
  4. Voltage Regulator
  5. Pendingin dan Exhaust System
  6. Sistem Pelumasan
  7. Charger Baterai
  8. Control Panel
  9. Kerangka Utama / Frame

 

Bagaimana Genset Bekerja?

Generator listrik adalah sebuah alat yang mengubah energi mekanik diperoleh dari sumber eksternal menjadi energi listrik sebagai output.

 

Penting untuk memahami bahwa generator tidak benar-benar ‘membuat’ energi listrik. Sebaliknya, menggunakan energi mekanik yang disediakan untuk itu untuk memaksa pergerakan muatan listrik hadir dalam kawat gulungan melalui sebuah sirkuit listrik eksternal. Aliran muatan listrik merupakan arus keluaran listrik yang dipasok oleh generator. Mekanisme ini dapat dipahami dengan mempertimbangkan generator menjadi analog dengan pompa air, yang menyebabkan aliran air tapi tidak benar-benar ‘membuat’ air mengalir melewatinya.

 

Generator modern bekerja berdasarkan prinsip induksi elektromagnetik ditemukan oleh Michael Faraday pada 1831-32. Faraday menemukan bahwa aliran atas muatan listrik bisa dibujuk dengan memindahkan sebuah konduktor listrik, seperti kawat yang berisi muatan listrik, dalam medan magnet. Gerakan ini menciptakan perbedaan tegangan antara kedua ujung konduktor kawat atau listrik, yang pada gilirannya menyebabkan muatan listrik mengalir, sehingga menghasilkan arus listrik.

Genset/ Generator Diesel AC disebut juga Alternator. Altenator dapat mensuplai arus bukan hanya pada kecepatan tinggi tetapi juga pada putaran idle.

 

Kerja sebuah alternator persis seperti generator DC, yang membedakan keduanya adalah konstruksi.  Pada alternator medan magnet berputar,  penghantar diam, sedangkan pada generator medan diam, penghantar berputar.

 

Pada alternator, kumparan penghantar dipasang pada rangka yang disebut stator.  Medan magnet disebut rotor, bergerak ditengah stator.

Generator atau Alternator?